Rabu, 05 Juni 2013

DI USIA 84 TH SIMBOKKU

Hari ini,
Genap 84 tahun aku boleh menjalani dan menikmati hidup di dunia ini.
Di sisa-sisa waktu hidupku yang semakin sedikit ini, aku sangat bersyukur kepada ‘Gusti Ingkang Maha Agung’ karena masih boleh menemani kalian semua : anak, cucu serta cicitku.

ADA YANG INGIN KUUNGKAPKAN ....
(Ngendikanipun Ibu katur putra-wayah-buyut)

Hari ini,
Aku kian menyadari akan segala kerapuhan ragaku yang makin melemah.
Aku hanya bisa berharap kalian semua cukup hati untuk bersabar menghadapiku.

Jika aku sering merepotkanmu,
karena kerap harus pergi ke dokter dan membeli obat bahkan bukan hanya dua atau tiga kali terpaksa masuk-keluar rumah sakit, itu semua bukan keinginanku, percayalah...!!!

Jika di setiap hariku, 
selalu saja aku lupa menutup kran air kamar mandi, aku lalai mematikan kompor di dapur bahkan aku berulangkali menjadi bingung mencari barang yang kutaruh atau kusimpan sendiri, itu semua bukan kesengajaanku, percayalah…!!!

Jika engkau pernah melihat atau mendengar,
aku memecahkan piring atau gelas, aku menumpahkan sayur maupun minuman, aku merusakkan perkakas dapur dan perabot rumah kita, aku menghilangkan barangmu atau membuang ke tempat sampah benda milikmu yang berharga, itu semua juga bukan mauku, percayalah…!!!


Hari ini,
Aku kian menyadari akan segala kerapuhan ragaku yang makin melemah.
panca inderaku makin tak dapat kuandalkan, daya ingatanku kian menurun dan aku semakin pikun.

Jangan heran,
Jika jalanku kini mulai tak bisa tegak lagi mesti tartatih-tatih bahkan tak hanya sekali terpeleset dan jatuh terjerembab tanpa sebab.
Jika aku gampang menggerutu untuk segala sesuatu yang tak seiring kemauanku.
Jika aku mudah mengeluh merasakan penatnya tubuh, apalagi jika suasana rumah kumuh.

Jangan kesal,
Jika aku berulang-ulang mengatakan sesuatu atau aku memintamu mengulang-ulang apa yang kau ucapkan bahkan terpaksa kau sampaikan dengan keras agar terdengar jelas.

Banyak hal lagi yang ingin kusampaikan dan ceritakan,
Tapi aku sudah tak ingat lagi apa yang harus kukatakan.

Satu yang masih dapat kuungkapkan pada kalian:
Rindu dan cintaku tak pernah padam
Kasih dan sayangku tak pernah berkurang

Satu saja pesanku kepada kalian :
Berusahalah untuk selalu berbuat kebaikan dan berkata dengan jujur
Dengan begitu engkau tidak perlu mengingat apa yang telah kalian lakukan dan katakan.


Bausasran, 10 Mei 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar